DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
PENGARANG:NOR IRNA ARLIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Media pembelajaran yang tepat akan menghasilkan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran yang bermakna tersebutlah yang kemudian akan menghasilkan hasil belajar IPA yang baik, namun nyatanya media yang digunakan seringkali hanya buku tulis atau LKS dengan sesekali menggunakan powerpoint, dan masih banyak siswa yang nilainya berada dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Define, Design, Develop). Penelitian ini diuji cobakan pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan mendapatkan skor validitas 81%, skor kepraktisan 87,89 % dan skor keefektifan sebesar 0,48. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran ular tangga dinyatakan valid, sangat praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran IPA di SMP dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI