DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PENA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ANITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Anita, Anita. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Muatan Ips Menggunakan Model Pena Pada Peserta Didik Kelas V Sdn Sungai Miai Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model PENA

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar pendidik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal tersebut disebabkan peserta didik yang belum memiliki rasa ingin tahu yang tinggi kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran individu maupun kelompok, dan peserta didik sulit memahami konsep materi yang berkaitan dengan lingkungan dan masyarakat. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PENA dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik menganalisis aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin, yang berjumlah 26 orang peserta didik terdiri dari 15 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai skor 33 dengan kriteria “Sangat baik” pada pertemuan 3. Aktivitas peserta didik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif pada pertemuan 3. Hasil belajar peserta didik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PENA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, pendidik dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI