DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:FATHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


 

ABSTRAK                                             

Fathul Jannah.2023. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Lambung Magkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reski P.

 

Kata kuci: Aplikasi tiktok, perilaku, prokrastinasi akademik

 

Aplikasi tiktok merupakan aplikasi pembuatan video kreatif yang dapat digunakan penguna untuk menonton atau membuat konten video. Prokrastinasi akademik merupakan kegagalan dalam mengerjakan tugas atau menunda mengerjakan tugas sampai batas akhir (deadline).  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1). Penggunaan aplikasi tiktok 2). Perilaku prokrastinasi akademik 3). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Lambung Mangkurat.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 37 mahasiswa yang keseluruhan dijadikan sampel dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan online kepada sampel. Analisis hasil penelitian deskriptif dan regresi sederhana dengan menggunakan SPSS Windows Version 29.

Hasil penelitian menunjukkan: 1). Hasil analisis deskriptif penggunaan aplikasi tiktok mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian mayoritas katagori sangat tinggi yaitu dengan persentase (67,57%) dikarenakan penggunaan aplikasi tiktok yang tidak dibatasi dan kecanduan. 2). Hasil analisis deskriptif perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa mayoritas katagori sangat tinggi yaitu dengan persentase (56,75%) dikarenakan menunda untuk menyelesakan tugas dan merasa tenang dan santai tidak mengerjakan tugas. 3). Ada pengaruh signifikan penggunaan aplikasi tiktok terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Lambung Mangkurat. Hasil perhitungan analisis statistik korelasi diperoleh rxy = 0,965 dengan r tabel = 0,325 mak rxy > r tabel, 0,965 > 0,325 atau 0,325 < 0,965 maka Ha diterima Ho ditolak yang berarti variabel X memiliki pengaruh terhadap variabel Y Berarti penggunaan aplikasi tiktok mengakibatkan mahasiswa gagal dalam memprediksi waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan tugas. Jika nilai sig. lebih kecil dari (0,05) maka dikatakan signifikan. Dapat disimpulakan bahwa ada pengaruh antara penggunaan aplikasi tiktok terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Lambung Mangkurat.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: 1). Sebaiknya kepada mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi untuk mengurangi intensitas penggunaan aplikasi tiktok sebab berdampak buruk. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas seperti belajar dan membuat tugas yang diberikan oleh dosen. 2). Bagi peneliti selanjutnya, untuk meneliti pengaruh penggunaan apikasi tiktok dengan variabel lain seperti perilaku imitasi, perilaku belajar, konsentrasi belajar dan lain-lain. Atau mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi mahasiswa melakukan perilaku prokrastinasi akademik selain penggunaan aplikasi tiktok.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI