DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Bertahan Usaha Travel “CV. Putri Travel” Pasca Pandemi Covid-19 Di Kota Buntok Kalimantan Tengah
PENGARANG:EVIANA TRI UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


                                                                     Abstrak

                             Eviana Tri Utami, 2023. Strategi Bertahan Usaha Travel "CV. Putri Travel" Pasca                                    Pandemi Covid-19 di Kota Buntok, Kalimantan Tengah. Skripsi Program Studi                                      Pendidikan Sosiologi. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan                                    Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I)                                  Yusuf Hidayat. (II) Reski. P

KataKunci:Strategi,GambaranUsaha

Manusia sejatinya merupakan makhluk sosial, artinya adalah manusia membutuhkanoranglainterutamadalammelakukanaktivitas,baikitudiskusi, berbelanja, bekerjadan lain sebagainya. Sebagai makhluk sosial, tentunya ada aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup, salah satunya dengan bekerja sebagai supir travel. Kemunculan Covid-19 menyebabkan pelaku usaha terutama supir travel kesulitan untuk mendapatkan penumpang, walaupun Covid-19 sudah berlalu, imbas dari dari pandemi Covid-19 tetap terasa.Penelitianinibertujuanuntukmenggambarkanusahadalampengelolaan usahatravelCV.PutriTravelpascapandemiCovid-19danmengetahuistrategi usaha yangdilakukan untuk bertahan dalam pemulihan ekonomi pascaCovid- 19.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di CV. Putri Travel, serta telah dipilih sebanyak 1 orang pemilik CV. Putri Travel dan 2 orang supir CV. Putri Travel sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran usaha dalam pengelolaan usaha travel CV. Putri Travel pasca pandemi Covid-19 adalah (a) melakukan vaksinasi (b) Promosi (c)menaikkan harga tiket; (2) strategi usaha yangdilakukan untukbertahandalam pemulihanekonomipascaCovid-19yaitu

(a)promosi(b)menjagakualitas(c)kerjasama.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada: (1) Bagi CV. Putri Travel, diharapkan tetap terus solid dan menjaga hubungan baik dengan mitra ataupun penumpang yang sudah langganan dengan CV. Putri Travel. (2) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian mampu menjadi bahan referensi, dengan mengembangkan penelitian dengan kondisi sekrang dengan kondisi yang berbeda.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI