DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROTECTION LANDING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MUATAN IPA KELAS VA SDN 1 SUNGAI ULIN BANJARBARU
PENGARANG:NADYA FEBRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Febrina, Nadya (2023) Penerapan Model Pembelajaran PROTECTION LANDING dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Muatan IPA Kelas V A SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas siswa, Keterampilan Berpikir Kreatif, Model PROTECTION LANDING

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, jarang menggunakan model pembelajaran, pembelajaran monoton dan membosankan, serta kurang kegiatan yang memuntut keterampilan berpikir kreatif pada siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PROTECTION LANDING dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.

 

Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini ialah seluruh siswa/i kelas V A SDN 1 Sungai Ulin Banjarbaru pada semester II tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang siswa yang terdiri 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif serta menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dalam bentuk tabel, grafik serta interpretasi dengan persentase untuk melihat hasil yang lebih jelas.

 

Hasil yang diperoleh setelah melakukan empat kali pertemuan penelitian menunjukkan bahwa pada aspek aktivitas guru di pertemuan 1 memperoleh skor 27 dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh skor 44. Pada aspek aktivitas siswa di pertemuan 1 memperoleh persentase 16% dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 88%. Selanjutnya pada aspek keterampilan berpikir kreatif di pertemuan 1 memperoleh persentase 12% dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh persentase 84%. Terakhir pada hasil belajar siswa secara klasikal di pertemuan 1 memperoleh persentase 28% dan meningkat pertemuan 4 memperoleh persentase 92%.

 

Kesimpulan yang didapatkan bahwa penggunaan model PROTECTION LANDING dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar pada siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI