DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN TEMA 6 MENGGUNAKAN MODEL DITATA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN-SN PASAR LAMA 3
PENGARANG:TIYA RAHMATIKA RADHINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Radhini, Tiya Rahmatika. 2023. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Muatan PPKn Tema 6 Menggunakan Model DITATA Pada Peserta Didik Kelas III SDN-SN Pasar Lama 3. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), dan Word Square

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas hasil belajar peserta didik. Penyebab dari permasalahan ini adalah dikarenakan kurangnya  (1) antusiasme peserta didik, (2) keterlibatan peserta didik secara aktif dan (3) pemahaman terhadap konsep pembelajaran. Oleh karena itu, upaya dalam meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar yaitu melalui penggunaan kombinasi model DITATA (Problem Based Learning, Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), dan Word Square). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis motivasi belajar, aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III C SDN-SN Pasar Lama 3 Tahun Pelajaran 2022/2023, jumlah peserta didik sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan data hasil belajar peserta didik di dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas pendidik, motivasi peserta didik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik, pada setiap pertemuan mendapatkan kriteria “Sangat Baik”. Motivasi peserta didik pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Sangat Tinggi” dan selalu meningkat sehingga pada pertemuan 3 mencapai kriteria “Sangat Tinggi”. Aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Sangat Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pertemuan 1 memperoleh 80% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100%.

 

Berdasarkan temuan dan hasil pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model DITATA (Problem Based Learning, Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), dan Word Square) meningkatkan motivasi belajar, aktivitas peserta didik dan hasil belajar. Disarankan kepada pendidik khususnya muatan PPKn tema 6 dapat mengembangkan pembelajaran inovatif dengan menjadikan model ini sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI