DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KOMPARATIF KESADARAN GURU IPA TENTANG PCK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII
PENGARANG:SYAHRINI MUKERJI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-01


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesadaran guru IPA tentang PCK dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIIIGlobal Islamic Boarding School dengan siswa di kelas VIII SMPN 7 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 68 siswa, sampel penelitian dipilih secara porpusive sampling yaitu 36 siswa Global Islamic Boarding School dan 32 siswa SMPN 7 Banjarmasin. Untuk uji asumsi data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan analisis Kolmogorov-Smirnov. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah meggunakan data sekunder yaitu nilai ujian akhir semester yang dikumpulkan oleh guru mata pelajaran masing-masing sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji normalitas guru yang sadar akan PCK tidak normal sedangkan hasil uji normalitas guru tidak sadar PCK normal. Kemudian hasil uji homogenitas tidak homogen. Sedangkan uji hipotesis Kolmogorov-Smirnov Z menunjukkan ada pengaruh PCK. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa dengan guru sadar PCK lebih rendah, dibandingkan hasil belajar siswa dengan guru tidak sadar PCK lebih tinggi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI