DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA PENGGILINGAN PADI DI ANJIR SERAPAT MUARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:ERI SASWILI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-01


Eri Saswili. 2023. Usaha Penggilingan Padi di Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bimbingan I: Dr. Syaharuddin, MA dan Bimbingan II: Jumriani, M.Pd.

Membantu siswa lebih mudah mencapai tujuan belajarnya, proses belajar mengajar dapat memanfaatkan sumber belajar, yang dapat berupa informasi, lingkungan fisik, atau kehidupan sosial. Dapat disimpulkan bahwa industri penggilingan padi di Anjir Serapat Muara terkait dengan ilmu sosial, materi pendidikan yang mencakup ekonomi atau pendapatan pengusaha penggilingan padi. Desa Anjir Serapat Muara merupakan salah satu desa yang menghasilkan padi. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani oleh karena itu dilakukan penelitian yang berjudul Usaha Penggilingan padi Di Anjir Serapat Muara Sebagai Sumber Belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mengetahui bagaimana usaha penggilingan padi di desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. 2) Mengetahui usaha penggilingan padi sebagai sumber sebagai sumber belajar IPS.

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan metode deskriptif. Dengan mendeskripsikan usaha penggilingan padi di Anjir Serapat Muara sebagai sumber belajar IPS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi ke penggilingan padi yang ada di Anjir Serapat Muara. Wawancara dan dokumentasi dalam bentuk rekaman dan gambar. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data Menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan dan triangulasi (Sumber, teknik dan waktu).

Hasil penelitian: 1) Usaha penggilingan padi desa Anjir Serapat Muara Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala.merupakan usaha yang dimiliki pribadi akan tatapi penggilingan ini terbagikan dua kelompok yaitu penggilingan individu dan penggilingan kelompok. 2) Usaha penggilingan padi sebagai sumber belajar IPS di Desa Anjir Serapat Muara. Pada materi yang dapat berkaitan denganusaha penggilingan padi ini yaitu intraksi sosial dan ekonomi.

Simpulan dari penelitian yaitu Usaha Penggilingan Padi di Desa Anjir Serapat Muara dapat Bermanfaat dalam sumber Belajar IPS yang ada disekolah misalkan dalam kegiatan intraksi sosial dan ekonomi baik dari kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.

Kata Kunci : Usaha Penggilingan Padi, Ekonomi, Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI