DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aktivitas Ekonomi Di Perkebunan Jeruk Desa Karang Indah Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:RIKA YULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-01


Rika Yulia.2023. Aktivitas Ekonomi Di Perkebunan Jeruk Desa Karang Indah Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. Pembimbing I : Mahmudah Hasanah, M.Pd dan Pembimbing II : Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd

Kegiatan ekonomi sudah menjadi hal yang terpenting dalam kehidupan. Begitupun yang dilakukan di Desa Karang Indah. Kegiatan ekonomi dalam hal ini adalah kegiatan konsumsi jeruk. Ada masalah yang terdapat dalam kegiatan ekonomi yaitu dalam jual-beli jeruk terdapat masalah tentang harga yang relatif rendah sehingga jeruk yang di jual tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan sebagian penghasilan petani kebun jeruk tidak mencukupi untuk kebutuhan hidupnya. Pada Desa Karang Indah terdapat kegiatan ekonomi yaitu berupa kegiatan konsumsi jeruk, dalam hal ini aktivitas ekonomi dapat menjadikan ruang bagi guru untuk mengembangkan materi terkait yaitu kegiatan ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi) dengan menambahkan contoh-contoh yang ada di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS.

Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi di perkebunan jeruk Desa Karang Indah. 2) Mendeskripsikan keterkaitan aktivitas ekonomi di perkebunan jeruk Desa Karang Indah sebagai sumber belajar IPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, alat perekam, alat tulis. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sebagai penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil Penelitian : 1) Aktivitas ekonomi di perkebunan jeruk secara garis besar  ada kegiatan ekonomi berupa kegiatan (produksi, distribusi dan konsumsi). Aktivitas ekonomi yang terkandung yaitu berupa kegiatan produksi yang dimana petani membeli dan membuat sendiri bibit pohon jeruk yang akan di tanam. Kegiatan distribusi yakni petani menjual limau ke pengepul dan pengepul secara langsung mendatangi ke kebun dan memetik jeruk. Kegiatan konsumsi yaitu petani menjual jeruk ke pengepul dengan harga yang relatif rendah. 2) Aktivitas ekonomi di perkebunan jeruk di Desa Karang Indah juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Sumber belajar IPS yang terdapat pada aktivitas ekonomi juga dapat dimanfaatkan di sekolah SMPN 4 Belawang dan SMPN 10 Banjarmasin. Aktivitas ekonomi dilakukan oleh masyarakat Karang Indah yaitu jual-beli jeruk yang di jual oleh petani lalu yang membeli adalah pengepul, selanjutnya dijual/dikirim lagi ke luar daerah/kota oleh pengepul.

Simpulan penelitian yaitu aktivitas ekonomi di perkebunan jeruk yang dilakukan antara petani dan pengepul merupakan salah satu perpindahan hak milik barang atas suatu barang dari pihak penjual ke pembeli. Berbagai macam aktivitas ekonomi jeruk yang ada di Desa Karang Indah dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai sumber belajar IPS.

Kata Kunci : Aktivitas Ekonomi, Perkebunan Jeruk, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI