DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI GURU SOSIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMAN I MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RISKA ISRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


Pandemi Covid-19  membuat  banyak  perubahan  pada  dunia pendidkan, salah satu diantaranya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran  daring  yang  dilakukan  saat  pandemik  dianggap  kurang  efektif. Sebagai pendidik dalam bidang agama, Guru Sosiologi dituntut untuk kreatif dan inovatif agar dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan media pembelajaran  daring.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi guru sosiologi dan menjelaskan engenai kendala serta upaya yang dilakukan guru sosiologi dalam pelaksanaan pembelajaran daring.

   Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianlapangan(field research).  Teknik penentuan  informan  menggunakan teknik purposive sampling.  Informan  penelitian  ini  adalah  guru  sosiologi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi sumber Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi guru sosiologi terhadap pembelajaran daring yaitu kurang efektif, tidak maksimal karena keterbatasan waktu, siswa pasif dalam pembelajaran, dan jaringan  internet baik guru maupun siswa sering trouble.  2) Beberapa  kendala  yang  dijumpai  selama pembelajaran daring  diantaranya  yaitu  terdapat  beberapa  siswa yang kesulitan  menggunakan media yang digunakan,  siswa mengeluhkan  kuota  internet yang boros, koneksi sinyal yang buruk dan terdapat  sebagian besar  siswa yang telat mengumpulkan tugas.Maka  dari  itu  guru sosiologi menindaklanjuti dengan menggunakan strategi berupa pemberian kelonggaran waktu untuk pengumpulan tugas sesuai waktu yang ditentukan, memberikan bantuan paket internet untuk siswa, serta siswa yang kesulitan  dalam mengoperasikan  media pembelajaran  dengan melakukan pembiasaan dan pendampingan secara langsung.

   Berdasarkan kesimpulan di atas ada beberapa saran yang perlu dilakukan dalam peningkatan proses pembelajaran daring di SMAN I Mandastana sebagai berikut: Bagi guru,diharapkan mampu membuat metode pembelajaran yang tepat bagi siswa,.1) Bagi orang tua, mampu memberikan pendampingan, pengawasan, serta motivasi kepada siswa agar tetap semangat mengikuti pembelajaran daring.

2) Bagi siswa, diharapkan agar tetap semangat dan interatif dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan tetap bersabar selama pembelajarandaringdimasapandemiCovid-19.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI