DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERSEPSI GURU SOSIOLOGI PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMAN I MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA | |
PENGARANG | : | RISKA ISRAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-02 |
Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan pada dunia pendidkan, salah satu diantaranya adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring yang dilakukan saat pandemik dianggap kurang efektif. Sebagai pendidik dalam bidang agama, Guru Sosiologi dituntut untuk kreatif dan inovatif agar dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan media pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi guru sosiologi dan menjelaskan engenai kendala serta upaya yang dilakukan guru sosiologi dalam pelaksanaan pembelajaran daring.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitianlapangan(field research). Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah guru sosiologi. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi sumber Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Persepsi guru sosiologi terhadap pembelajaran daring yaitu kurang efektif, tidak maksimal karena keterbatasan waktu, siswa pasif dalam pembelajaran, dan jaringan internet baik guru maupun siswa sering trouble. 2) Beberapa kendala yang dijumpai selama pembelajaran daring diantaranya yaitu terdapat beberapa siswa yang kesulitan menggunakan media yang digunakan, siswa mengeluhkan kuota internet yang boros, koneksi sinyal yang buruk dan terdapat sebagian besar siswa yang telat mengumpulkan tugas.Maka dari itu guru sosiologi menindaklanjuti dengan menggunakan strategi berupa pemberian kelonggaran waktu untuk pengumpulan tugas sesuai waktu yang ditentukan, memberikan bantuan paket internet untuk siswa, serta siswa yang kesulitan dalam mengoperasikan media pembelajaran dengan melakukan pembiasaan dan pendampingan secara langsung.
Berdasarkan kesimpulan di atas ada beberapa saran yang perlu dilakukan dalam peningkatan proses pembelajaran daring di SMAN I Mandastana sebagai berikut: Bagi guru,diharapkan mampu membuat metode pembelajaran yang tepat bagi siswa,.1) Bagi orang tua, mampu memberikan pendampingan, pengawasan, serta motivasi kepada siswa agar tetap semangat mengikuti pembelajaran daring.
2) Bagi siswa, diharapkan agar tetap semangat dan interatif dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan tetap bersabar selama pembelajarandaringdimasapandemiCovid-19.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI