DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Motivasi Penyiar Radio Dalam Membuat Podcast (Studi Pada Penyiar Radio RRI Pro2 Banjarmasin
PENGARANG:ANUGRAH TIRTAYASA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


ABSTRAK

 

 

 

Anugrah Tirtayasa, 1710414210004. (2023) Motivasi Penyiar Radio Dalam Membuat Podcast (Studi Pada Penyiar Radio RRI Pro2 Banjarmasin). Dibawah Bimbingan Ibu Noviana Sari S.I.P., M.A dan Ibu Putri Ayu Hidayatur Rafiqoh S.Pd., M.A

 

            Penelitian ini berawal pada fenomena semakin banyaknya kanal podcast yang dibuat oleh khalayak. dari fenomena semakin banyaknya podcast yang dibuat, ternyata beberapa penyiar radio RRI Pro2 Banjarmasin yang merupakan pekerja pada media massa yang outputnya sama juga ikut membuat sebuah kanal podcast. Penelitian ini lalu berfokus pada masalah apa yang menjadi motivasi seorang penyiar radio RRI Pro2 Banjarmasin dalam membuat sebuah podcast. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah efek komunikasi massa dapat mempengaruhi motivasi penyiar radio RRI Pro 2 Banjarmasin dalam membuat sebuah podcast.

 

 

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif denan tipe penelitian Deskriptif, dan penelitian ini datanya dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang relevan dengan objek penelitian.

 

 

 

            Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa terdapat dua jenis motivasi yang menjadi penyebab penyiar radio RRI Pro2 Banjarmasin dalam membuat sebuah podcast, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kebebasan dalam berbicara dan berekspresi menjadi motivasi intrinsik dan dasar dari terciptanya sebuah podcast yang dibuat. Sedangkan motivasi eksternal yang berupa feedback dari pendengar dan hal lainnya didapatkan setelah berjalannya sebuah podcast yang dibuat dan menjadi dorongan tambahan untuk keberlanjutan konten podcast yang dibuat oleh penyiar radio RRI Pro2 Banjarmasin. Beberapa motivasi yang tercipa merupakan hasil dari efek komunikasi massa yang telah diterima penyiar radio RRI Pro2 Banjarmasin dari mendengarkan podcast lain.

 

 

 

Kata Kunci : Motivasi, Podcast, Efek Komunikasi Massa, Penyiar Radio RRI Pro2 Banjarmasin,

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI