DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI ENERGI KALOR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS
PENGARANG:MAULA ARIEFIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


Ariefianti, Maula. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Energi KalorBerbasis STEM(Science, Technology, Engineering, Mathematic) dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Sains. Pembimbing: (1) Dr. Arif Sholahuddin, M.Si., (2) Dr. Mustika Wati, M.Sc.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi energi kalor berbasis STEM(Science, Technology, Engineering, Mathematic) dan kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. LKPD yang dikembangkan diuji coba terbatas sebanyak 9 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Binuang dan diuji coba lapangan sebanyak 36 peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Salam Babaris. LKPD diuji validasi, kepraktisan, dan keefektifannya. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi LKPD, angket respon peserta didik dan guru serta tes literasi sains.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil validasi LKPD berbasis STEM dan kearifan lokal memenuhi kategori sangat valid dan reliabel; (2) Hasil kepraktisan LKPD berbasis STEM dan kearifan lokal berkategori sangat praktis, karena respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji lapangan dalam kategori sangat praktis sedangkan respon guru dalam kategori sangat praktis; (3) Hasil keefektifan LKPD berbasis STEM dan kearifan lokal berkategori efektif, karena terjadi peningkatan literasi sains pada uji coba terbatas hasil  N-gain 0,73 dengan kategori tinggi dan uji lapangan hasil N-gain 0,76 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, LKPD berbasis STEM dan kearian lokal yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

 

Kata kunci : LKPD, STEM, kearifan lokal, literasi sains

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI