DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E_MODUL IPAS MODEL PJBL TERINTEGRASI STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIF SISWA SMK
PENGARANG:ANNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-02


RINGKASAN

Annisa. 2023.Pengembangan E–Modul  IPAS Model Pjbl Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK. Pembimbing: (1)Dr. Syahmani, M. Si; (2) Dr. Rahmat Yunus, M.Si.

 

Banjarmasin. Kemampuan berpikir kreatif sangat diperlukan bagi setiap orang, agar mampu menjawab permasalahan yang terdapat dalam kehidupan nyata. Faktanya, kemampuan berpikir kreatif siswa dibeberapa sekolah masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul STEAM-iPjBL yang layak berdasarkan data validitas, kepraktisan, dan efektivitas untuk menigkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK.

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Kalimantan Selatan. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model penelitian dan pengembangan ADDIE yang memiliki lima fase yaituanalysis, design, development, implementation dan evaluation.

 Data dikumpulkan menggunakan istrumen validasi angket respon siswa, aktivitas guru, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-modul STEAM-iPjBL layak digunakan dalam pembelajaran(2) e-modulSTEAM-iPJBL memenuhi syarat valid dari hasil penilaian 3 orang validator ahli dan 2 orang validator praktisi dengan rata-rata hasil validitas 80,44% (3) e-modulSTEAM-iPjBL tergolong praktis berdasarkan angket respon siswa sebesar 68,66 % dan aktivitas guru sebesar 94,92 % pada uji terbatas dan 95,65% pada uji luas  (4) e-modulSTEAM-iPjBL tergolong efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-gain sebesar  0,65%. Dengan demikian e-modul STEAM-iPjBL dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI