DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODUL AJAR MATERI ALJABAR DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
PENGARANG:INDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


Kurikulum merdeka disosialisasikan dan dimplementasikan pada semua satuan pendidikan dengan tujuan untuk memperbarui proses pembelajaran yang terkendala oleh pandemi. Kecakapan dalam literasi numerasi menjadi fokus terdepan oleh Indonesia yang dianggap sebagai tantangan cukup menarik di abad ke-21 ini. Kemampuan literasi numerasi penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kepraktisan dan keefektifan modul ajar materi aljabar dalam menunjang kemampuan literasi numerasi siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D pada tahap development yaitu uji coba produk pada siswa kelas VII MTs. Berdasarkan hasil uji kepraktisan melalui angket respon siswa memenuhi kriteria sangat praktis,melalui angket respon guru memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan melalui asesmen akhir memenuhi kriteria sangat efektif yakni siswa berhasil mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yakni Dengan demikian, modul ajar materi aljabar dalam menunjang kemampuan literasi numerasi siswa dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka adalah sangat praktis dan sangat efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI