DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SENSOR KEKERASAN PADA FILM MORTAL KOMBAT OLEH LEMBAGA SENSOR FILM REPUBLIK INDONESIA TERHADAP SIKAP PENONTON MENGENAI KUALITAS FILM
PENGARANG:AHMAD FIKRI AHYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


ABSTRAK

Ahmad Fikri Ahyani. 1810414610029. 2023. Pengaruh Sensor Kekerasan pada Film Mortal Kombat oleh Lembaga Sensor Film Republik Indonesia terhadap Sikap Penonton Mengenai Kualitas Film. Dibawah bimbingan Lalita Hanief.

            Mortal Kombat merupakan video game bergenre fighting-action buatan Ed Boon dan John Tobias. Kemudian 2021 Mortal Kombat diadaptasi ke sebuah film fiksi bergenre action-fantasy.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan tipe eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi, menggunakan Teori Uses and Gratifications dan Sikap. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis dari data hasil pretest dan posttest sikap penonton film tersebut, melalui uji beda t-test, paired sample t-test. Paired sample t-test merupakan uji beda dengan memasangkan dua sampel. Dengan desain penelitian The One Group PretestPosttest Design, yaitu desain penelitian sebelum dan sesudah.

Pada penelitian ini menunjukan responden sebelum perlakuan mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 45,40 dengan nilai terendah 36 dan nilai tertinggi 57. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 49,28 dengan nilai terendah 39 dan nilai tertinggi 59. Dapat disimpulkan bahwa nilai setelah mendapat perlakuan meningkat dibandingkan sebelum mendapatkan perlakuan. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil perhitungan rata rata posttest lebih tinggi yaitu sebesar  49,28 dibandingkan dengan rata rata pretest yaitu sebesar 45,40. Hasil uji paired sample t-test yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pretest) dan rata-rata setelah perlakuan (posttest). Sehingga Ha diterima karena nilai signifikansi 0,000 yang berarti terdapat pengaruh sensor kekerasan terhadap sikap penonton mengenai kualitas film tersebut.

 

 

Kata kunci: Film, Sensor Kekerasan, Sikap

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI