DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK
PENGARANG:M. REZKI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


M. Rezki Rahman.2023. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi cahaya dan alat optik. Advisors: Dr. Suyidno, M.Pd., Dr. Suryajaya, S.Si., M.Sc.Tech

 

Kemampuan Pemecahan masalah merupakan salah satu kompentensi abad 21. Kemampuan tersebut belum terlatihkan dengan baik di sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi cahaya dan alat optik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Desain penelitian menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian melibatkan 5 validator, 10 peserta didik pada uji terbatas dan 15 peserta didik pada uji luas. Data dikumpulkan menggunakan instumen validasi, pengamatan, dan tes pemecahan masalah.

Hasil penelitian menunjukan: (1) Perangkat PBM termasuk valid karena ditinjau nilai validasi RPP 93 (sangat valid), materi ajar 92 (sangat valid), LKPD 90 (sangat valid) dan tes pemecahan masalah 94 (sangat valid), (2) Perangkat PBM termasuk praktis ditinjau keterlaksanaan RPP pada uji terbatas maupun uji luas masing-masing 84 (kategori praktis) dan 86 (kategori sangat praktis) dan (3) Perangkat PBM termasuk efektif karena nilai n-gain pemecahan masalah pada uji terbatas dan uji luas masing-masing 0,71 (kategori tinggi) dan 0.55 (kategori sedang). Diperoleh simpulan bahwa perangkat PBM yang dikembangkan adalah layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran berbasis masalah, cahaya dan alat optik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI