DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KOMUNIKASI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM VAKSINASI COVID-19
PENGARANG:M. NOR FAJAR RAMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


ABSTRAK

M. Nor Fajar Ramadani, 1610414210007, 2023, Strategi Komunikasi Puskesmas Banjarbaru Selatan Dalam Mensosialisasikan Program Vaksinasi COVID-19. Dibawah Bimbingan Noviana Sari dan Achmad Bayu Chandrabuwono

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Puskesmas Banjarbaru Selatan dalam mensosialisasikan program vaksinasi serta faktor penghambat dan pendukung Puskesmas Banjarbaru Selatan dalam mensosialisasikan program vaksinasi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena peneliti dan subjek yang akan diteliti menjadi semakin dekat, karena adanya pendekatan yang lebih pribadi atau dapat dikatakan bertatap muka, membuat data yang akan didapatkan menjadi lebih valid karena terjadinya wawancara secara mendalam yakni dengan penerima vaksin yakni orang dewasa dan lansia, serta pihak Puskesmas Kecamatan Banjarbaru Selatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sosialisasi yang dilakukan oleh Pihak Puskesmas Banjarbaru Selatan menggunakan bantuan media baru seperti media sosial dan elektronik sehingga membantu dalam penyampaian kepada masyarakat.  Selain itu faktor pendukung utama yakni Puskesmas Banjarbaru Selatan terpusat pada 1 tempat di Kecamatan Banjarbaru Selatan sehingga bisa fokus dalam sosialisasi dan penyerapan tentang pencegahan covid-19 serta vaksinasi kepada warga masyarakatnya. Hal ini merupakan kekuatan utama dari Puskesmas Banjarbaru karena stok dan sirkulasi dari vaksin sendiri lancar dan distrubusinya terjaga. Dengan adanya ini maka Puskesmas Banjarbaru Selatan menjadi Puskesmas Percontohan di Kota Banjarbaru karena dekat dengan Pusat Pemerintahan Kota Banjarbaru. Sedangkan faktor penghambat banyaknya pendatang serta mobilitas warga yang tinggi membuat sosialisasi menjadi terbatas karena kurangnya tokoh masyarakat yang ada di Kecamatan Banjarbaru Selatan. Selain itu banyaknya warga pendatang membuat pendataan menjadi rumit dan kurangnya monitoring evaluasi maka efektivitas penyerapan vaksinasi menjadi kurang maksimal terutama kepada warga lansia.

 Kata Kunci: Puskesmas Banjarbaru Selatan, Vaksinasi, Covid-19, Strategi Komunikasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI