DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengrajin Purun di Desa Anjir Pasar Km 28 Kabupaten Barito Kuala Sebagai Sumber Belajar IPS
PENGARANG:ANGGRAINI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


Anggraini Saputri, 2023, Pengrajin Purun di Desa Anjir Pasar KM 28 Kabupaten Barito Kuala Sebagai Sumber Belajar IPS. Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I : Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA. M.Pd dan pembimbing II : Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Keadaan masyarakat terutama para wanita di Desa Anjir Pasar Km 28 yang mempunyai usaha sampingan sejak puluhan tahun yang lalu sebagai perajin purun, usaha tersebut dilakukan untuk membantu ekonomi keluarga namun kendala yang saat ini di hadapi perajin purun yaitu bahan baku yang sangat sulit di dapat saat musim kemarau. Pada aktivitas perajin purun berupa kegiatan produksi,distribusi,konsumsi dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui aktivitas ibu rumah tangga dalam meningkatkan ekonomi keluarga di desa Anjir Pasar melalui usaha kerajinan  purun. 2) Untuk mengetahui aktivitas ibu rumah tangga dalam bekerja membuat kerajinan  purun di desa Anjir Pasar kabupaten Barito Kuala yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS. 

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan narasumber yaitu masyarakat desa Anjir Pasar terutama Ibu Rumah Tangga serta Guru IPS dan dokumentasi saat observasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji Credibility (kreadibilitas), uji Transferability (transferabilitas), uji Dependability (dependabilitas)  dan uji Confirmability (konfirmabilitas). 

Hasil penelitian terdapat 1). Aktivitas ekonomi yang dihasilkan dari usaha  purun yang dikerjakan oleh ibu-ibu perajin tersebut sebagian berpendapat menurut mereka cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam keluarga, sebagian lagi berpendapat bahwa pendapatan sebagai perajin  purun hanya mencukupi untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri. 2). Aktivitas ekonomi yang dilakukan perajin purun seperti produksi, distribusi dan konsumsi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS yang kontekstual dikaitkan dengan materi kegiatan ekonomi bertujuan untuk peserta didik memhami lingkungan sekitar bisa digunakan sebagai sumber belajar.

Simpulan penelitian yaitu aktivitas ekonomi perajin purun Desa Anjir Pasar dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS dikarenakan dapat mendukung kualitas proses pembelajaran khususnya pada materi kegiatan ekonomi di kelas VII sekolah menengah pertama (SMP) yaitu kegiatan produksi, distribusi serta konsumsi.

Kata Kunci: Aktivitas Ekonomi, Kerajinan Purun, Sumber belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI