DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG RENCANA PROGRAM KERJA BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA HALUBAU KECAMATAN PARINGIN SELATAN KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


ABSTRAK

Muhammad Rizal, 1810413610034, Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang  Rencana Program Kerja Badan Usaha Milik Desa Di Desa Halubau  Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan dibimbing oleh ibu Safa Muzdalifah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang  Rencana Program Kerja Badan Usaha Milik Desa Di Desa Halubau  Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan.

Penelitian ini menggunakan teori Edward III. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualititatif. Pada penelitian ini, informan penelitian yaitu pengelola BUMDes, anggota dan masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dan di analisis menggunakan analisis secara deskriptif kualititatif.

Hasil penelitian mengenai Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang  Rencana Program Kerja Badan Usaha Milik Desa Di Desa Halubau  Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan yaitu belum sesuainya program kerja yang dilakukan dengan teori yang ada, baik dari segi sumber daya yang masih kurang, belum adanya SOP dalam pengelolaan program kerja dan juga tidak adanya komitmen yang jelas sehingga pelaksanaanya masih berubah-rubah. Sehingga di sarankan kepada pengelola BUMDes membuat program kerja yang di sesuaikan dengan potensi masyarakat dan juga membuat SOP program kerja sehingga dapat berjalan secara maksimal dan tujuan tercapai.

Kata Kunci : Implementasi, Progran Kerja, BUMDes

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI