DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS NARASI SEJARAH MENGGUNAKAN MODEL BADIRI DI KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 9
PENGARANG:PUTRI AULIA FIRANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-03


ABSTRAK

 

Firanti, Putri Aulia. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Materi Teks Narasi Sejarah Menggunakan Model BADIRI Di Kelas V SDN Belitung Selatan 9. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dessy Dwitalia Sari, M.Pd

 

Kata Kunci:  Aktivitas, Keterampilan Membaca Pemahaman, Hasil Belajar, model BADIRI

 

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca pemahaman siswa serta hasil belajar siswa di kelas V SDN Belitung Selatan 9 yang disebabkan oleh pembelajaran yang tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, kurangnya kegiatan membaca serta minimnya model pembelajaran yang beragam dan mendukung siswa terhadap pemahaman teks. Salah satu upaya menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model BADIRI dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, menganalisis keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Belitung Selatan 9 dengan jumlah 13 siswa. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar siswa dengan teknik deskriptif, digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, diinterpretasikan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru meningkat memperoleh skor 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan membaca pemahaman meningkat mencapai 92% dengan kriteria sangat terampil. Hasil belajar siswa meningkat mencapai 97% dengan kriteria tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran BADIRI dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman, dan hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya muatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI