DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK A MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING KOMBINASI STEAM DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 30 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MELDA NOVIA ARIYANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-04 |
Abstrak
Salah satu masalah penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Pembelajaran yang monoton menyebabkan anak bosan dan tidak memperhatikan. Model pembelajaran berbasis proyekyang menggabungkan STEAM adalah solusi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tindakan guru dan tindakan anak serta menganalisis hasil perkembangan anak. PTK ini dilakukan dalam tiga pertemuan. Guru mengaturperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuksetiap pertemuan. Rubrik dan lembar observasi digunakandalam penelitian ini untuk melacak aktivitas guru, aktivitasanak, dan perkembangan kognitif anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru meningkat dari kategori baik pada pertemuan 1 menjadi sangat baik pada pertemuan 3, dan aktivitas anak klasik juga meningkat dari kategori Cukup aktif pada pertemuan 1 menjadi Sangat Aktif pada pertemuan3. Perkembangan klasik anak juga meningkat dari Mulai berkembang pada pertemuan 1 menjadi Berkembang Sangat Baik pada pertemuan 3.
Kata Kunci: Lambang Bilangan, Project Based Learning, STEAM
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI