DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) ,TALKING STICK DENGAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IV SDN PULAU SUGARA
PENGARANG:SAYYIDIL MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-04


ABSTRAK

Maulana, Sayyidil. 2021. Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPA         Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Talking Stick dan Media Konkret Kelas IV SDN Pulau Sugara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Muhsinah Annisa, S.Si, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Talking Stick, Media Benda Konkret.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan kelas siswa memiliki gaya belajar yang berbeda,  pembelajaran berlangsung satu arah, siswa belum berani mengemukakan pendapat dan suasana belajar kurang menyenangkan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Talking Stick dan Media Konkret dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Pulau Sugara berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 3 orang siswa laki-laki, pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria “Sangat Baik”, kemudian memperoleh skor aktivitas guru pada pertemuan IV yaitu menjadi skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 20% dengan kriteria “Cukup Aktif” meningkat pada pertemuan IV menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 66,67% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI), Talking Stick dan Media Konkret dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti lain adalah penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menulis menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI