DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK MENUJU PENGEMBANGAN SEKOLAH YANG BERDAYA SAING ( Studi Multisitus di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin )
PENGARANG:SUSMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-04


ABSTRAK

 

Susmi,   2023. Implementasi Manajemen Strategik Menuju Pengembangan Sekolah yang Berdaya Saing ( Studi Multisitus di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin ). Tesis, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, pembimbing (I) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci    : Implementasi Manajemen Strategik, Pengembangan Sekolah      Berdaya Saing

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi manajemen strategik menuju sekolah yang berkualitas dimana proses belajar mengajar efektif, prestasi hasil belajar siswa tinggi, para guru mempunyai waktu yang cukup banyak serta kondisi yang baik melaksanakan tugas sesuai dengan profesinya, kepala sekolah menggunakan sebagian besar waktunya untuk bekerja, lebih akrab dengan siswa dan guru, serta selalu berusaha untuk memperoleh balikan guna meningkatkan kualitas sekolahPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kasus dan dinamakan juga penelitian deskriptif.

Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data, pengumpulan data, kondensasi data, triangulasi, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi data.

 Hasil yang diperoleh bahwa analisis lingkungan strategik dilaksanakan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan tantangan yang dihadapi sekolah. Perumusan strategik yang dilakukan oleh Tim Pengembang Sekolah (TPS) SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin, diawali dengan merumuskan visi dan misi yang ingin dicapai dan menentukan tujuan jangka panjang dan pendek. TPS merumuskan strategik dengan mengidentifikasi potensi SDM guru dan karyawan, dana BOS, dan sarana dan prasarana yang tersedia, kemudian merancang strategik dalam rapat tim perumusan RENSTRA. Kebijakan kepala sekolah pun akan mendukung rumusan strategik. Strategik diimplementasikan pada program/ kegiatan yang direncanakan dalam Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) dengan prosedural yang jelas dan dukungan dana BOS. Evaluasi dan pengendalian strategik dilaksanakan dengan menilai secara keseluruhan strategik yang telah diimplementasikan pada program/ kegiatan. RENSTRA menjadi tolak ukur keberhasilannya. TPS membuat keputusan mengenai implementasi strategik berdasarkan hasil evaluasi dan pengendalian strategik.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi strategik dilaksanakan di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 Kota Banjarmasin  pada pengembangan delapan Standar Nasional Pendidikan. Satuan pendidikan diharapkan mempertahankan manajemen strategik yang telah ada dan meningkatkan strategik yang lebih inovatif, menekankan pada kualitas pendidikan, dan berorientasi pada efisiensi dana.

 

 

ABSTRACT

 

 

Susmi,   2023. Implementation of Strategic Management Towards Competitive School Development ( Multisite Study at SMP Negeri 1 and SMP Negeri 6 Banjarmasin City ). Thesis, Master of Education Administration Study Program, University of Lambung Mangkurat, advisors (I) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd. (II) Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

 

Keywords    :  Implementation of Strategic Management, Development of Competitive Schools

 

The aim of this study is to describe how the implementation of strategic management leads to the development of school quality where an effective teaching and learning process, high student achievement and teachers have sufficient time and good conditions to carry out tasks in accordance with their profession, the principal spends most of his time to work, be more familiar with students and teachers, and always tries, to get feedback to improve his school quality.

This study uses a case approach research and is also called descriptive research. Collecting data by observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data analysis, data collection, data condensation, triangulation, data presentation, and conclusions or data verification.

The results obtained were that a strategic environmental analysis was carried out at SMP Negeri 1 and SMP Negeri 6 Banjarmasin City by identifying the strengths and weaknesses they had as well as the opportunities and challenges faced by the school. The strategic formulation was carried out by the School Development Team (TPS) for SMP Negeri 1 and SMP Negeri 6 Banjarmasin City, beginning with formulating the vision and mission to be achieved and determining long and short term goals. TPS formulates a strategy by identifying potential human resources for teachers and employees, BOS funds, and available facilities and infrastructure, then designs the strategy in a RENSTRA formulation team meeting. The principal's policy will support theformulation strategy. The strategy is implemented in programs/activities planned in the Plan School Activity (RKS) with clear procedures and BOS funding support. Strategic evaluation and control is carried out by assessing the overall strategy that has been implemented in the program/ activity. RENSTRA is the benchmark for its success. TPS makes decisions regarding strategic implementation based on the results of strategic evaluation and control.

The conclusion of this study shows that strategic implementation was carried out in SMP Negeri 1 and SMP Negeri 6 Banjarmasin City in the development of eight National Education Standards. Education units are expected to maintain the existing strategic management and improve strategies those are more innovative, emphasizing of  education quality, and oriented towards fund efficiency.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI