DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN PADA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII SMP
PENGARANG:NOOR NIKI HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-04


Pembelajaran IPA di salah satu SMP Negeri di Banjarmasin masih menggunakan buku teks cetak untuk materi sistem tata surya. Buku teks cetak memiliki kekurangan yaitu materi disajikan berupa teks yang banyak, tidak menampilkan gambar pendukung pembelajaran, dan berwarna hitam-putih. Oleh sebab itu, perlu adanya media yang mampu diakses peserta didik secara digital dan menampilkan gambar-gambar berwarna komponen tata surya yaitu e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran e-booklet pada materi sistem tata surya kelas VII SMP. Metode yang diterapkan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media, angket respon peserta didik, angket respon guru, hasil pretest, dan hasil posttest. Penelitian ini menghasilkan: (1) skor validitas e-booklet sebesar 84,09% dengan kriteria sangat valid; (2) skor kepraktisan media e-booklet memperoleh nilai sebesar 97,57% oleh guru dan 85,33% oleh peserta didik yang menunjukkan kriteria sangat praktis; (3) keefektifan media pembelajaran e-booklet diperoleh dari nilai skor rata-rata pretest sebesar 59,23 dengan kriteria cukup efektif dan meningkat pada hasil posttest sebesar 76,54 dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran e-booklet materi sistem tata surya yang dikembangkan dapat diimplementasikan sebagai media pembelajaran karena dari hasil uji dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Kata kunci : e-booklet, media pembelajaran, tata surya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI