DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA SISWA SMP KELAS VII
PENGARANG:NOVITA NORAMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK TERHADAP PARTISIPASI SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA SISWA SMP KELAS VII(Oleh: Novita Noramelia; Pembimbing: Yasmine Khairunnisa; Maya Istyadji; 2023;  Halaman)

ABSTRAK

Modul IPA materi Bumi dan Tata Surya yang berfungsi sebagai jembatan antara berbagai mata kuliah ilmiah di sekolah-sekolah saat ini belum tersedia, sehingga penelitian ini dilakukan di tempat mereka. Topik yang dicakup oleh modul terbatas pada tata surya dan bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan: (1) validitas modul, (2) kepraktisan modul, dan (3) keefektivan modul (4) Partisipasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran media pembelajaran modul elektronik . Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Banjarmasin. Produk dari penelitian ini adalah modul elektronik yang valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peneliti melakukan validasi kepada pakar/ahli, yaitu dosen dan guru IPA SMP serta uji respon terhadap peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjarmasin. Data diperoleh dari lembar validasi modul, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian modul menunjukkan validitas dengan skor rata-rata 84,5% (valid dengan perubahan minor), kepraktisan dengan skor 92% (sangat praktis), efektivitas dengan rata-rata skor N-gain 0,728 (Tinggi), dan tingkat partisipasi dengan rata-rata 95,14% (sangat partisipatif). Dari hasil yang didapat maka bisa disimpulkan bahwa modul elektronik IPA materi Bumi dan tata surya layak digunakan pada pembelajaran dikategorikan valid, memberikan kepraktisan kepada peserta didik, mempunyai efektivitas yang cukup, dan dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas.

 

 

 

Kata Kunci: Modul elektronik, Partisipasi, Bumi dan Tata Surya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI