DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Tingkat Keseriusan Kecurangan, Komitmen Organisasi, Komitmen Profesional, dan Locus of Control Terhadap Whistleblowing Intention (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Banjarmasin dan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan)
PENGARANG:Fayi Giri Habibillah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Fayi Giri Habibillah (2023). “Pengaruh Tingkat Keseriusan Kecurangan, Komitmen Organisasi, Komitmen Profesional, dan Locus of Control terhadap Whistleblowing Intention (Studi Kasus Pada Inspektorat Kota Banjarmasin dan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan)”. Pembimbing: Dr. Syaiful Hifni, Drs, Ec, M.Si, Ak, CA.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat keseriusan kecurangan, komitmen organisasi, komitmen profesional, dan locus of control terhadap whistleblowing intention. Variabel independen pada penelitian ini adalah tingkat keseriusan kecurangan, komitmen organisasi, komitmen profesional, dan locus of control, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah whistleblowing intention.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Inspektorat Kota Banjarmasin dan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 Aparatur Sipil Negara berdasarkan jabatan mereka sebagai auditor di Inspektorat Kota Banjarmasin dan Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Data primer yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 25. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komitmen profesional berpengaruh terhadap whistleblowing intention, sedangkan tingkat keseriusan kecurangan, komitmen organisasi, dan locus of control tidak berpengaruh terhadap whistleblowing intention.

Kata Kunci: Whistleblowing Intention,Tingkat Keseriusan Kecurangan, Komitmen Organisasi, Komitmen Profesional, Locus of Control, Inspektorat Kota Banjarmasin, Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI