DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LINGKUNGAN KERJA NON FISIK DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN PABRIK KELAPA SAWIT PT. BUANA KARYA BHAKTI TANAH BUMBU
PENGARANG:ASEP MULYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


ABSTRAK

Asep Mulyadi (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Kepuasan Kerja terhadap Semangat Kerja pada Karyawan Pabrik Kelapa Sawit PT Buana Karya  Bhakti Tanah Bumbu

Pembimbing: Akhid Yulianto, SE, M.Sc (Log)

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kerja non fisik dan kepuasan kerja terhadap semangat kerja, baik secara parsial maupun secara simultan pada karyawan pabrik kelapa sawit PT Buana Karya Bhakti Tanah Bumbu.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat atau kausal dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pabrik kelapa sawit PT Buana Karya Bhakti Tanah Bumbu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis probability sampling dengan teknik sample random sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 68 rang karyawan pabrik kelapa sawit PT Buana Karya Bhakti Tanah Bumbu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistic 25.

Hasil uji t pada peneltiian ini membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel lingkungan kerja non fisik terhadap semangat kerja dan adanya pengaruh positif antara variabel kepuasan kerja terhadap semangat kerja pada karyawan pabrik kelapa sawit PT Buana Karya Bhakti Tanah Bumbu. Hasil uji F pada penelitian ini membuktikan bahwa secara bersama-sama, lingkungan kerja non fisik dan kepuasan kerja berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel semangat kerja (Y) dapat dipengaruhi oleh lingkungan kerja non fisik dan kepuasan kerja sebesar 30,7%, sedangkan sisanya sebesar 69,3% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja Non Fisik, Kepuasan Kerja, Semangat Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI