DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Manajemen Hubungan Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri (Studi Multi Situs pada SMKN 1 Gambut dan SMKN 1 Kertak Hanyar)
PENGARANG:NORHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Norhasanah,2023. Manajemen Hubungan Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha/ Dunia Industri (Studi Multi Situs pada  SMKN1Gambutdan SMKN 1Kertak Hanyar) TesisProgramMagisterAdministrasiPendidikan,ProgramPascasarjana,UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin,Pembimbing: (I) Drs. Sulaiman, M.Pd, Ph.D; (II)Dr. Ir. Agus Rifani Syaifuddin,  MM

 

KataKunci :  Manajemen,Kemitraan, Dunia Usaha dan Dunia Industri

 

Lulusan SMK yang seharusnya langsung masuk ke lapangan kerja karena telah dibekali keahlian khusus, justru lebih banyak berkontribusi terhadap jumlah penganggur di Indonesia yang seharusnya betapapentingnya keberadaan sekolah menengah kejuruan melalui upaya menyiapkan  menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Manajemenhubungan kemitaan sekolahmerupakanupayauntukmenyelaraskanantaraprosespembelajaran dengan kebutuhantenaga kerja yang ada di dunia usaha atau dunia industri (DUDI). Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikanperencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan,dan evaluasimajamen hubungan kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri padaSMKN1 Gambut dan SMKN 1 Kertak Hanyar.

 

Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganrancanganpenelitianmultisitus.Datadikumpulkandenganteknikwawancara,observasi,dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepal sekolah bidang humas, kepala jurusan keahlian,guru,tenagapendidikdanpihak dunia usaha dan dunia industri yang bekerjasama dengan SMKN 1 Gambut dan SMKN 1 Kertak Hanyar.Penelitianinimenggunakan model analisis data interaktifdariHuberman dan Miles, dengantahap: pengumpulan data, koleksi data penyajian, dan penarikan kesimpulan sertapengecekankeabsahantemuandilakukandengan  credibiliy,dependability,dankonfirmobiliy. Setelah data terkumpul dilakukan dengan situs tunggal kemudiandilanjutkandengan analisisi lintas situs.

 

Hasilyang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan hubungan kemitraan sekolah maupun pihak dunia usaha dan dunia industri yang ikut membantu program keberhasilan kerjasama sekolah, mensosialisasikansekolah kepada calon mitra, menyeleleksi calon mitra yang sesuai dengan jurusanyangdimilikisekolah.Pengorganisasianyangdibentukdanditugaskanolehkepala sekolah untuk membentuk Tim kerjasama(tim Iduka) Industri Dunia Kerja dengan di dukung wakil kepalasekolah dan seluruh warga sekolah, ketua jurusan, koordinator Bursa kerja kusus.Pelaksanaankerjasamasekolahaktifmenjalinkomunikasidenganpihakduniakerja, adanya singkronisasi kurikulum, Prakerin peserta didik, adanya Guru Tamuyang berkompeten pada bidangnya dari Mitra sekolah sesuai dengan jurusan yangada disekolah,pendidikan dan pelatihan guru, penyetaraansarana dan prasaranasertaupayasekolahmeyakinkanpasanganmitrasekolah,denganmembinakomunikasiyang baik terhadap mitra sekolah, serta perekrutan alumni pesertadidik bekerja sama dengan mitra untuk memberikan lapangan pekerjaan sesuaidengan kompetensiyang dimiliki peserta didik. Dengan demikian setelah lulusdariSMKNpesertadidik mampu diserap dunia usaha dan dunia industri dan  siap bekerjasesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja. Evaluasi hubungan kerjasama sekolah dengan dunia usaha/dunia industri pada SMKN 1 Gambut dan SMKN 1 Kertak Hanyar.Jikaditemukanhambatan, akan di cari solusinya bersama antara Tim yang telah di bentuk, adanyapeningkatanprestasidankompetensisekolahsebagai bentuk dampak dari peningkatan mutu pendidikan sekolah; bagi prakerin yangberkompeten, akan di rekrut oleh dunia usaha dan dunia industri tempat merekapraktik,bagi peserta didik yang telah lulus, koordinator Bursakerjakususmengkoordinirlulusanjikaadamitrasekolah(duniausaha)membutuhkan tenaga kerja, Dengandemikianpesertadidikakanmendapatpekerjaandan                    tidakmenganggur.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI