DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING SUITE 10 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD AJI PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


ABSTRAK

            Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring suite 10 yang dimaksudkan akan membantu pebelajar lebih memahami hal yang dipelajari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ispring suite 10 pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin dan mengetahui kelayakan produk media pembelajaran dan respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis ispring suite 10. Metode yang digunakan adalah metode R&D (research and development) dengan model pengembangan hannafin & peck yang terdiri dari penilaian kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Adapaun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menunjukan instrumen butir angket validasi media, validasi materi dan respon siswa dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji coba dari ahli media dan materi termasuk dalam kategori “sangat layak” dan uji coba kepada peserta didik termasuk dalam kategori “respon sangat baik”. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa produk media pembelajaran berbasis ispring suite 10 dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan belajar mengajar di kelas.

ABSTRACT

            Development of learning media based on Ispring suite 10 which is intended to assist teachers in delivering material with new and varied media. The purpose of this study was to develop learning media using Ispring Suite 10-based Power Point in Social Studies Class VIII subjects at SMP Negeri 6 Banjarmasin and to determine the feasibility of learning media products and student responses to the use of Ispring Suite 10-based learning media. The method used is the Ispring Suite 10-based learning media. R&D (research and development) with the Hannafin & Peck development model consisting of Needs Assessment, design and development & implementation. As for the techniques in collecting data in this report are observation, interviews and questionnaires or questionnaires. Data analysis techniques show that the media questionnaire instruments, materials and student responses are declared valid and reliable. Based on the results of trials from media and material experts included in the "very feasible" category and trials on students included in the "very good response" category. The results of this report show that learning media products based on Ispring suite 10 can be used as teaching and learning activities in class.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI