DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP PENETAPAN TUJUAN PADA PELAJAR BERUSIA REMAJA AKHIR YANG BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS DI BANJARBARU | |
PENGARANG | : | NOOR SHARFINA -165 | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-07 |
ABSTRAK
PENGARUH MINDFULNESS TERHADAP PENETAPAN TUJUANPADA PELAJAR BERUSIA REMAJA AKHIR YANG BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS DI BANJARBARU
Noor Sharfina
Game mobile legends banyak diminati oleh kalangan remaja terutama seorang pelajar yang dapat menjadikan pelajar kurang termotivasi dalam mencapai tujuan akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmindfulness terhadap penetapan tujuan pada pelajar yang bermain game mobile legends di Banjarbaru. Populasi yang ada dalam penelitian ini berjumlah sebanyak92pelajar berusia remaja akhir dengan rentang usia 17-20 yang bermain game mobile legends di Banjarbaru dengan intensitas 2 jam sehari. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan metode kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sederhana, dan mengumpulkan data dengan membagikan link g-formyang terdiri dari skalaMindful Attention Awareness Scale-Adolescent (MAAS-A) dari Brown dkk. (2011)dan Formative Questionnaire Technical Report dari Gaumer Erickson dan Noonan (2018).Berdasarkan hasil uji regresi linear, ditemukan bahwa mindfulness secara signifikan mepengaruhi penetapan tujuan ke arah negatif, signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, dengan kontribusi keseluruhan sebesar 76% serta