DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin pada anak Usia Dini (Studi Multi Situs di TK Qurrata A'yun Kandangan dan TK ABA Golf Banjarbaru)
PENGARANG:DESI FIBERIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Karakter disiplin merupakan karakter utama yang menjadi pembungkus setiap karakter lainnya. Dengan disiplin, orang yang terartur dan bisa mengikuti tata tertib dan aturan, memiliki potensi besar untuk menjadi orang sukses di masa depan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif studi multi situs, meliputi : (1) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin (2) Kompetensi yang dimiliki Guru PAUD, (3) Hambatan implementasi pendidikan karakter disiplin, (4) Evaluasi implementasi pendidikan karakter disiplin di TK Qurrata Ayun Kandangan dan TK ABA Golf Banjarbaru. Teknik pengumpulan data : Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara analisis situs tunggal dan analisis lintas situs. Melalui pengumpulan data yaitu reduction, display, dan verrification data. Meliputi teknik tringulasi dan pengecekkan teman sejawat.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahwa pelaksanaan pendidikan karakter disiplin merupakan salah satu program penting yang dilaksanakan oleh TK Qurrata A'yun Kandangan dan TK ABA Golf Banjarbaru dan didukung dengan kompetensi dari guru-guru di sekolah. Hambatan yang dialami antara lain kurangnya respon dari orang tua untuk bekerjasama membentuk karakter disiplin antara lembaga pendidikan dan orang tua. Evaluasi nya yaitu pendidikan karakter tidak hanya dilaksanakan di sekolah akan tetapi juga harus dilaksanakan di rumah.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pendidikan karakter disiplin yang dilaksanakan pada kedua situs eliputi pelaksanaan, kompetensi Guru PAUD, hambatan dan pengevaluasian. Seluruh kegiatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter disiplin melibatkan seluruh pihak yang terkait dan dilakukan secara rutin serta terorganisir dengan baik akan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya karakter disiplin di sekolah. Sehingga pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah tersebut dapat dikatakan berhasil karena visi, misi, dan tujuan utama dari penyelenggaraan pendidikan di sekolah dapat tercapai dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI