DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL REMAJA DI SMA NEGERI 4 BANJARBARU
PENGARANG:NADYA AIDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PERILAKU

PROSOSIAL REMAJA DI SMA NEGERI 4 BANJARBARU

 

Nadya Aidina

 

Manusia adalah makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain. kebutuhan akan hubungan dengan orang lain dalam arti berbagi, bertukar pikiran dan kehendak, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan yang dijalaninya, sehingga remaja merupakan masa tumbuhnya perilaku prososial dalam hal mampu mengantisipasi, responsif terhadap pengalaman, perubahan keadaan emosi, dan ekspresi orang lain serta menempatkan diri mereka dalam posisi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial remaja di SMA Negeri Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian 85 orang remaja di SMA Negeri 4 Banjarbaru dengan rentang usia 16-18 tahun. Data penelitian perilaku prososial di ambil menggunakan skala Prosocial Tendencies Measure-Revised (PMTR) dengan reliabilitas r Alpha sebesar 0,819. Adapun data kecerdasan emosional diambil menggunakan Wong and Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS) dengan reliablitas r Alpha 0,898. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan hasil ditemukan bahwa kecerdasan emosional secara signifikan memprediksi perilaku prososial dengan nilai t hitung (3,246) > t tabel (1,663) dan p (0,002) < 0,05. Hal ini berarti terdapat peranan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial pada remaja di SMA Negeri 4 Banjarbaru (????=0,336;t(83)=3,246;p<0,05) dengan besar peranan kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial 11,3 %.

 

Kata kunci: Perilaku prososial, kecerdasan emosional, remaja, SMA Negeri 4 Banjarbaru

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI