DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN MINDFULNESS-BASED COGNITIVE THERAPY (MBCT) UNTUK MENINGKATKAN GRIT PADA PESERTA DIDIK SMK KELAS XII DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:JENIFFER JOI TANAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-07


Kebimbangan minat dan kurangnya kegigihan menimbulkan ketidakrelevansian keputusan karir dengan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Grit sebagai salah satu faktor non kognitif yang membantu seseorang tetap gigih dan fokus dalam mencapai tujuan dibutuhkan untuk memiliki konsistensi dan kemampuan mengatasi rintangan dalam mempersiapkan masa depannya. Penelitian ini bertujuan meningkatkan grit pada peserta didik kelas XII SMK dengan konseling kelompok pendekatan mindfulness-based cognitive therapy (MBCT) sebagai intervensi. Belum ada penelitian yang meneliti konseling kelompok pendekatan MBCT untuk meningkatkan grit pada peserta didik SMK. Penelitian ini akan menguji konseling kelompok pendekatan MBCT sebagai intervensi yang membantu peserta didik membangun pola kognitif baru, kemampuan pemusatan perhatian serta fokus dalam mencapai tujuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen one group pretest-posttest design dengan sampel 4 orang siswa SMK kelas XII yang memiliki skor grit rendah diukur menggunakan The Grit Scale adaptasi bahasa Indonesia. Perbedaan tingkat pre dan post grit diukur menggunakan uji komparasi paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas konseling kelompok pendekatan MBCT dengan peningkatan skor grit siswa setelah mengikuti konseling (p<0,05) dan besaran efek besar (d = 1,653). Artinya, konseling kelompok pendekatan MBCT efektif dalam meningkatkan grit pada peserta didik SMK kelas XII di kota Banjarbaru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI