DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW DAN TOPSIS PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA BANJARBARU
PENGARANG:WAWAN GUNAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-08


ABSTRAK

 

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SAW DAN TOPSIS PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KOTA BANJARBARU (Oleh: Wawan Gunawan; Pembimbing: Muliadi S.Kom., M.Cs dan Mohammad Reza Faisal S.T., M.T. Ph.D; 59 Halaman)

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk pemilihan pegawai terbaik menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Penelitian ini juga melakukan evaluasi menggunakan Mean Absolute Error (MAE) pada tiga kategori pegawai, yaitu Eselon IV, PNS, dan Honor. Metode SAW digunakan untuk memberikan bobot pada setiap kriteria yang relevan dengan pemilihan pegawai terbaik. Sedangkan metode TOPSIS digunakan untuk menghitung nilai preferensi relatif setiap alternatif pegawai. Evaluasi dilakukan dengan mengukur MAE pada masing-masing kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori Eselon IV, nilai MAE yang diperoleh adalah sebesar 0,2, menunjukkan tingkat ketepatan yang tinggi dalam pemilihan pegawai terbaik untuk kategori ini. Pada kategori PNS, MAE yang diperoleh adalah sebesar 6,042, menunjukkan tingkat ketepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kategori Eselon IV. Sedangkan pada kategori Honor, MAE yang diperoleh adalah sebesar 3,789, menunjukkan tingkat ketepatan yang sedang dalam pemilihan pegawai terbaik untuk kategori ini. Secara keseluruhan, MAE yang diperoleh dalam penentuan karyawan terbaik adalah sebesar 0,67. Hal ini menunjukkan bahwa sistem SPK yang dikembangkan dapat memberikan hasil yang cukup akurat dalam memilih pegawai terbaik dari ketiga kategori yang diteliti.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Karyawan Terbaik SAW, Topsis, MAE

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI