DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KARIES TERHADAP OHRQoL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (Tinjauan pada Anak TK di Kecamatan Sungai Loban)
PENGARANG:I MADE YUDHA DHARMAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-08


HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KARIES TERHADAP OHRQoL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (Tinjauan pada Anak TK di Kecamatan Sungai Loban)

 

I Made Yudha Dharmawan, R. Harry Dharmawan Setyawardhana, Muhammad Yanuar Ichrom Nahzi

 

Latar Belakang: Masalah kesehatan gigi dan mulut anak disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pola asuh orang tua yang mempunyai pengaruh besar dalam kesehatan dan perkembangan anak. Di Kabupaten Tanah Bumbu anak usia diatas 3 tahun memiliki proporsi 50,74% masalah gigi rusak, berlubang dan sakit. Karies gigi dapat menyebabkan terganggunya kualitas hidup anak seperti gangguan tidur, makan, hilangnya konsentrasi belajar, infeksi, dan kasus berbahaya lainnya yang pada anak. Tujuan: mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan karies terhadap OHRQoL pada anak usia prasekolah di Kecamatan Sungai Loban. Metode: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel non-probability sampling menggunakan kuota sampling. Populasi adalah seluruh TK di Kecamatan Sungai Loban yaitu 23 TK dengan 918 anak. Besar sampel minimal dihitung dengan rumus analitik korelasional dan didapatkan hasil sebanyak 40 orang responden yang terdiri dari orang tua dan anak yang diambil dari 3 TK yaitu TK Harapan Bersama, TK Taman Sari dan TK Tunas Dewata Kecamatan Sungai Loban. Hasil: Pola asuh orang tua sebagian besar memiliki pola demokratis; indeks def-t rata-rata sebesar 5,5 dan termasuk kategori tinggi. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap OHRQoL (p>0,05). Hasil analisis uji korelasi Spearman menunjukkan terdapat hubungan antara karies terhadap OHRQoL (p=<0,05).  Kesimpulan: Terdapat hubungan pola asuh orang tua dan karies terhadap OHRQoL pada anak usia prasekolah di TK Kecamatan Sungai Loban.

 

 

 

Kata kunci: Pola Asuh, karies, OHRQoL, anak prasekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI