DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR FISIKA BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING PADA MATERI ALAT OPTIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
PENGARANG:ISTIQAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-09


Keterampilan pemecahan masalah sangat diperlukan dalam menjawab tantangan abad 21. Namun, belum adanya materi ajar pendukung yang melatihkan keterampilan pemecahan masalah mengakibatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kurang baik. Salah satu solusi yang dapat melatihkan keterampilan pemecahan masalah adalah materi ajar bermuatan authentic learning. Authentic learning merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan situasi kehidupan nyata menjadi lebih bermakna sehingga mendorong dan memberikan kesempatan peserta didik untuk membuat koneksi langsung antara masalah sehari-hari yang dihadapi dengan materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, dilakukannya penelitian untuk mengembangkan materi ajar fisika alat optik bemuatan authentic learning untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas materi ajar fisika alat optik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba adalah 34 peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Marabahan. Data diperoleh melalui instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan validitas materi ajar terkategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,86, kepraktisan materi ajar terkategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,30, efektivitas materi ajar terkategori tinggi dengan N-gain 0,76 dan keterampilan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan tes hasil belajar pada soal analisis terkategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi ajar alat optik bermuatan authentic learning digunakan dalam proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI