DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BACA DI SDN MURUNG RAYA 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MUKHLIS MUNTAHA AL MUNAWAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-09


Mukhlis Muntaha Al Munawar. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran BACA di SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model BACA 

Permasalahan penelitian ini adalahrendahnya aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik yang mengakibatkan peserta didik masih belum memahami pembelajaran dengan baik dan penyajian pembelajaran membuat peserta didik pasif dan membosankan. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui  Model BACA yang mana kombinasi dari model Problem Based Learning, Cycle Learning, dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model BACA.

Mukhlis Muntaha Al Munawar. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran BACA di SDN Murung Raya 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Model BACA 

Permasalahan penelitian ini adalahrendahnya aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik yang mengakibatkan peserta didik masih belum memahami pembelajaran dengan baik dan penyajian pembelajaran membuat peserta didik pasif dan membosankan. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui  Model BACA yang mana kombinasi dari model Problem Based Learning, Cycle Learning, dan Make A Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model BACA.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV semester genap SDN Murung Raya 4 Banjarmasintahun pelajaran 2022/2023, jumlah peserta didik sebanyak  20 orang. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik diukur melalui observasi, dan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang disajikan dengan tabel dan grafik.

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap pertemuan. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas pendidik di pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 70%, dan pertemuan III mencapai 100.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BACA  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas peserta didik yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan disetiap pertemuan. Hal ini dapat dilihat pada aktivitas pendidik di pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 70%, dan pertemuan III mencapai 100.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BACA  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan model ini disarankan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas peserta didik yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI