DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL BATIK PADA SISWA KELAS V SDN MANARAP LAMA 1
PENGARANG:DEWI NUGRAHENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Nugraheni, Dewi. (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPS 

Menggunakan Model BATIK pada Siswa Kelas V SDN Manarap Lama 1. 

Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan 

dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. 

Pembimbing Raihanah Sari, S.Pd, M.Pd. 

 

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, BATIK.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas, dan 

hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan kurangnya kegiatan yang 

melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya kerjasama dan interakasi 

antarsiswa dan siswa kesulitan memahami konsep materi. Salah satu upaya 

mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran 

BATIK (Problem Based Learning, ExAmple Non Example dan TalkIng SticK) 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis 

peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek 

penelitian adalah siswa kelas VA SDN Manarap Lama 1 Kab. Banjar tahun 

pelajaran 2022/2023 sebanyak 27 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data 

kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif diperoleh dari 

observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data 

kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis baik secara kelompok 

maupun individu dan angket motivasi siswa. Analisis data dalam penelitian ini 

menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan 

interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I 

sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi 96,87% dengan kriteria “Sangat 

Baik”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh 

hasil menjadi 96,30% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Termotivasi”. 

Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi 

96,30% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil 

belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi 

90,12% siswa “Tuntas”.

Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan 

model BATIK dapat meningkatkan motivasi, aktivitas guru dan siswa, dan hasil 

belajar siswa. Disarankan agar model tersebut dapat menjadi referensi bagi guru, 

kepala sekolah, dan peneliti lain dalam penerapan model pembelajaran yang dapat 

meningkatkan motivasi siswa yang dapat berdampak pada peningkatan aktivitas

dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI