DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL BATIK PADA SISWA KELAS V SDN MANARAP LAMA 1 | |
PENGARANG | : | DEWI NUGRAHENI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-10 |
Nugraheni, Dewi. (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar IPS
Menggunakan Model BATIK pada Siswa Kelas V SDN Manarap Lama 1.
Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Pembimbing Raihanah Sari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, BATIK.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas, dan
hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan kurangnya kegiatan yang
melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya kerjasama dan interakasi
antarsiswa dan siswa kesulitan memahami konsep materi. Salah satu upaya
mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran
BATIK (Problem Based Learning, ExAmple Non Example dan TalkIng SticK)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis
peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas VA SDN Manarap Lama 1 Kab. Banjar tahun
pelajaran 2022/2023 sebanyak 27 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif diperoleh dari
observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Teknik pengumpulan data
kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis baik secara kelompok
maupun individu dan angket motivasi siswa. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan
interpretasi dengan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi 96,87% dengan kriteria “Sangat
Baik”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh
hasil menjadi 96,30% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Termotivasi”.
Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi
96,30% dengan kriteria “Hampir Seluruh Siswa Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil
belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dan diperoleh hasil menjadi
90,12% siswa “Tuntas”.
Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model BATIK dapat meningkatkan motivasi, aktivitas guru dan siswa, dan hasil
belajar siswa. Disarankan agar model tersebut dapat menjadi referensi bagi guru,
kepala sekolah, dan peneliti lain dalam penerapan model pembelajaran yang dapat
meningkatkan motivasi siswa yang dapat berdampak pada peningkatan aktivitas
dan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI