DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PINTAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN KELAYAN SELATAN 3
PENGARANG:MUHAMMAD MAHDIANUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Kelayan Selatan 3 karena pembelajaran bersifat satu arah,  siswa tidak dilibatkan aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran kurang bermkana. Oleh sebab itu untuk mengatasi permasalahan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Picture and Picture. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kelayam Selatan 3 tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data yang dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

 

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 75% kriteria Baik, pertemuan 2 mencapai 82% kriteria SangatBaik, pertemuan 3 mencapai 89% kriteria Sangat Baik dan pertemuan 4 mencapai 100% kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa selalu meningkat mulai pada pertemuan 1 mencapai 82%, pertemuan 2 mencapai 91%, pertemuan 3 mencapai 100%% dan pertemuan 4 mencapai 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa juga meningkat mulai pada pertemuan 1 mencapai 48%, pertemuan 2 mencapai 65%, pertemuan 3 mencapai 78% dan pertemuan 4 mencapai 100%.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam menggunkan model PINTAR telah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah model. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI