DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PRESTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN MURUNG RAYA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SRI MULYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Mulyani, Sri. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PRESTASI Pada Peserta Didik Kelas V SDN Murung Raya 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Fathul Jannah, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model PRESTASI

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan peserta didik belum terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran cenderung membosankan yang dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model PRESTASI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik serta menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Murung Raya 3 dengan jumlah 19 orang peserta didik pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 memperoleh skor 21 dengan kriteria “Baik” meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 28 dengan kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 3. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 53% dengan kriteria “Sebgaian Kecil Peserta Didik Aktif” meningkat pada pertemuan 3 menjadi 95% mencapai kriteria “Hampir Seluruh Peserta Didik Sangat Aktif”. Hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 46% dengan kriteria “Tidak Tuntas” meningkat pada pertemuan 3 menjadi 98% mencapai kriteria “Tuntas”.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PRESTASI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada muatan matematika. Adapun saran yang dapat diberikan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ataupun alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada muatan matematika.

 

 
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI