DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN “PRESTASI” PADA MUATAN IPS DI KELAS VB SDN TELAWANG 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MARETTA FAUZIA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Rahmi, Maretta Fauzia. 2023. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran “PRESTASI” Pada Muatan IPS di Kelas VB SDN Telawang 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Komunikasi, Hasil Belajar, PRESTASI.

Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilan komunikasi dan aktivitas peserta didik yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Pada aspek hasil belajar, hanya ada 8 orang yang berhasil mencapai KKM dan 16 orang peserta didik lainnya belum berhasil mencapai KKM atau dengan persentase sebesar 33% untuk yang tuntas dan 66% belum tuntas. Permasalahan tersebut disebabkan karena pembelajaran terjadi secara satu arah, kurang menyenangkan, monoton dan menuntut peserta didik menghafal. Permasalahan dapat diatasi menggunakan model pembelajaran PRESTASI yang merupakan kombinasi dari model Problem Based Learning (PBL), Two Stay Two Stray (TS-TS) dan Talking Stick (TS). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembe1ajaran di dalam kelas dan dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VB SDN Telawang 3 Banjarmasin sebanyak 24 orang tahun ajaran 2022/2023. Jenis data penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif merupakan data observasi aktivitas pendidik, peserta didik dan keterampilan komunikasi. Data kuantitatif merupakan data hasil belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas pendidik memperoleh persentase 69% dengan kriteria Baik pada pertemuan 1 meningkat menjadi 100% dengan kriteria Sangat Baik pada pertemuan 4. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 33% meningkat menjadi 92% dengan kriteria Sangat aktif. Keterampilan komunikasi peserta didik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 33% menjadi 92% dengan kriteria Sangat terampil. Dan hasil belajar peserta didik pada ranah afektif, kognitif dan psikomotorik meningkat disetiap pertemuannya.

Kesimpulan penelitian ini bahwa pembelajaran muatan IPS menggunakan model PRESTASI (Problem Based Learning, Two Stay Two Stray dan Talking Stick) mampu meningkatkan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas peserta didik, keterampilan komunikasi dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI