DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PNS PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SDN TELUK TIRAM 2 BANJARMASIN
PENGARANG:WULAN MAULIDASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Maulidasari, Wulan. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Model PNS Pada Peserta Didik Kelas IVB SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M.Pd.

 

 

Kata kunci : Aktivitas, Motivasi, Hasil Belajar, Model PNS

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar peserta didik kelas IVB SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin yang disebabkan karena sebagian besar pembelajaran yang digunakan hanya pembelajaran satu arah, membuat peserta didik cepat bosan dan tidak dapat fokus pada pembelajaran sehingga peserta didik kurang tertarik untuk belajar. Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui model PNS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi aktivitas pendidik dan untuk menganalisis aktivitas, motivasi, dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran muatan PPKn menggunakan model PNS pada peserta didik kelas IVB SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVB SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, angket motivasi belajar dan data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada setiap pertemuan selalu meningkat, pada pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh “Sebagian Besar Aktif” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi kriteria “Seluruhnya Aktif”.Motivasi peserta didik pada pertemuaan 1 mencapai skor kriteria “Sebagian Kecil Tinggi” dan selalu mengalami peningkatan sehingga pertemuan 3 mencapai skor kategori  “SeluruhnyaTinggi”. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif peserta didik pada pertemuan 1 memperoleh 68,4% dan meningkat pada pertemuan 3 memperoleh 100%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwamodel PNS dapat meningkatkan aktivitas, motivasi,dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi pendidik, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI