DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MODEL POLISI PADA KELOMPOK A TK AL-MUKHLISUN BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak mengubungkan lambang bilangan dengan media konkrit pada anak kelompok A TK Al-Mukhlisun Banjarmasin. Upaya untuk mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak yaitu dengan model POLISI.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas anak serta menganalisis hasil perkembangan kognitif anak dalam mengembangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al-Mukhlisun yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang didapatkan melalui observasi aktivitas guru dan anak.

Data kuantitatif didapatkan dari teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teks deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indicator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik.Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 33%, pertemuan II mencapai 73%,pertemuan III mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model POLISI mengalami peningkatan pada aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik danaktivitas anak mencapai kriteria sangat aktif serta hasil capaian perkembangan anak mengalami pengembangan dengan kriteria berkembang sangat baik.Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk meningkatkan pembelajaran pada anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI