DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI KARET PT BANUA LIMASEJURUS (BALIMAS) BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FAQIH RAKHMANIZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Muhammad Faqih Rakhmanizan (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada karyawan bagian produksi karet PT Banualima Sejurus Banjarmasin. Pembimbing Zakhyadi Ariffin.

 

            Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan (Bersama-sama) berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan bagian produksi karet PT Banua Limasejurus Banjarmasin. 2) pengaruh kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan bagian produksi karet PT Banua Limasejurus Banjarmasin. 3) pengaruh komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan bagian produksi karet PT Banua Limasejurus Banjarmasin.

 

            Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 68 orang karyawan bagian produksi karet PT Banualima Sejurus Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji F dan uji t.

 

            Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). (2) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). (3) komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Hal ini berarti semakin tinggi kepuasan kerja dan semakin tinggi komitmen organisasi, maka semakin tinggi pula organizational citizenship behavior (OCB) pada karyawan bagian produksi karet PT Banua Limasejurus Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citienship Behavior (OCB).

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI