DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKn TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN TANIPAH 2 BARITO KUALA
PENGARANG:ARLANA RIDHO SYAHDEWA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Syahdewa, Arlana Ridho. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKN Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning Dan Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn Tanipah 2 Barito Kuala. Skripsi Program Pendidikan GuruSekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Peristiwa Dalam Kehidupan, Problem Based Learning, Numbered Head Together.

 

Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas Vpada pelajaran PPKn materi peristiwa dalam kehidupan. Hal ini disebabkan  oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran, siswa kurangaktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru,serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together pada materi peristiwa dalam kehidupan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Tanipah 2 Barito Kuala pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 11 orang tahun ajaran2022/2023. Penelitian dilakukan pada pelajaran PPKn materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu diakhir pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklusI memperoleh  skor 23 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 28dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 63% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 82% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai63% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria“sangat baik”.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi tema 7 peristiwa dalam kehidupan. Dan disarankan kepada guru,siswa,kepala sekolah dan penelitilain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran,sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI