DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT BERBEDA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN SNOWBALL THROWING KELAS V DI SDN ALUH-ALUH BESAR 2 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MEIDA NURMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Permasalahan penelitian tindakan kelas ini adalah rendahnya hasil belajar siswakelas V SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar pada pelajaran matematika khususnyapadamateri Penjumlahan Pecahan Berpenyebut.Halinidisebabkankarenapembelajaranmasihberpusatpada guru, siswa tidak mampu beraktivitas terhadap materi yang diterima, gurubelum menggunakan media pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian dengantujuanmengetahuiaktivitasguru,aktivitassiswadanhasilbelajardalammenggunakankombinasimodelpembelajaranProblemBasedLearning,Snowball Throwingpadamateri Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Berbeda.

 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalahsiswakelasV SDN Aluh – Aluh Besar 2 Kabupaten Banjartahun ajaran2022/2023sebanyak10orang.Teknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakanlembarobservasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah siswa dapat mencapaiketuntasan belajar secara individu dengan mencapai skor nilai sama atau di atasKKMatau≥65dandapatmencapaiketuntasanklasikal≥80%dariseluruhsiswadikelas,sertaaktivitasgurudapatmencapaikriteria“sangatbaik”danaktivitassiswa dapatmencapai kriteria“sangat aktif”.

 

HasilpenelitianmenunjukkanbahwakegiatanPembelajaranyangdilaksanakan oleh penelitian mengalami keberhasilan kualitas aktivitas guru siklus I dengan kategori “baik” mengalami peningkatan dengan kategori “sangat baik”pada siklus II. Untuk aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, yaitu siklus Idengan kategori “aktif” menjadi kategori “sangat aktif” pada siklus II. Sedangkanketuntasanbelajarsiswamengalamikeberhasilanyaitumencapaiketuntasansecara individumaupun klasikal

Berdasarkanhasiltemuandalampenelitianinimakadapatdisimpulkan bahwa hasil belajar terbukti meningkat. Disarankan kepada guru, kepala sekolah,dan peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau informasidalam rangka memilih model-model dan media pembelajaran dalam mengajaruntuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan juga hasil belajar penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda siswasehingga menjadi lebihoptimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI