DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAM GAMES TOURNAMENT & TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA ASPEK KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 A SD NEGERI BARAMBAI 1
PENGARANG:RAHMI YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Yanti, Rahmi. 2023. Efektivitas Model Problem Based Learning, Team Games Tournament & Talking Stick dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 4 A SD Negeri Barambai 1 Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd.

Kata kunci: Problem Based Learning, Team Games Tournament, Talking Stick, motivasi, hasil belajar, Bahasa Indonesia dan keterampilan berbicara. 

Masalah yang terjadi di SD Negeri Barambai 1 berupa rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan bahasa indonesia di aspek keterampilan berbicara yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher center, kurang menarik, masih bersifat konvensional dan siswa tidak percaya diri dalam berbicara secara langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, siswa, dan menganalisis motivasi dan hasil belajar siswa di kelas 4 A SD Negeri Barambai 1 dengan kombinasi model Problem Based Learning, Team Games Tournament, & Talking Stick.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan di kelas 4 A SDN Barambai 1 dengan jumlah siswa 20 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan cross table berdasarkan pada hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil angket motivasi belajar dan hasil tes evaluasi belajar.

Hasil penelitian menujukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 22 dengan kriteria cukup baik, pada pertemuan 4 menjadi 35 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh 15% ketuntasan klasikal dengan kriteria sebagian kecil aktif meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% ketuntasan klasikal dengan kriteria seluruhnya aktif. Dan motivasi belajar pada pertemuan 1 memperoleh 45% ketuntasan klasikal dengan kriteria cukup tinggi meningkatkan pada pertemuann 4 menjadi 95% dengan kriteria sangat tinggi. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperolah 40% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 90%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model problem based learning, team games tournament dan talking stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lainnya adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran khususnya pada muatan Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI