DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU DENGAN MODEL DNMP SERTA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 8
PENGARANG:NIZMATULLAYLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah masih terlihat kurangnya aktivitas dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi yang masih rendah berakibat pada kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik. Solusi dalam mengatasi permasalahan diatas adalah menggunakan model Problem Based Learning dibantu model DNMP serta  Permainan Ular Tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas,keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada peserta didik kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku.

Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kelayan Selatan 8, yang berjumlah 15 orang. Data  yang  diambil  merupakan  data  kualitatif  diperoleh  melalui observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Serta Data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ≥80.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan II dengan perolehan aktivitas pendidik dalam melaksanakan model pembelajaran dari 20 skor maksimal mendapatkan skor 17 di pertemuan I dan mendapat skor 19 di pertemuan II. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I yaitu 73% dan meningkat menjadi 86 % pada pertemuan II. Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pertemuan I yaitu 73% dan meningkat menjadi 92% pada pertemuan II. Keterampilan Kolaborasi pada pertemuan I 66% dan meningkat menjadi 93% pada pertemuan II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 66% di pertemuan I meningkat menjadi 100% di pertemuan II.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendidik dalam menggunakan model Problem Based Learning dibantu dengan model DNMP serta Permainan Ular Tangga dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, kolaborasi dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Disarankan agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI