DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PTN DI KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 9 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR KHALIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran berpusat pada guru, kurang memahami pembelajaran, kurang dilatih dalam menyampaikan pendapat dan kurangnya keterlibatan secara aktif. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran PTN. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan perbaikan  aktivitas guru, aktivitas belajar siswa dan menganalisis peningkatan aktivitas belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Belitung Selatan 9 Banjarmasin yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 31, pertemuan 2 memperoleh skor 32, pertemuan 3 memperoleh skor 35 dan pertemuan 4 memperoleh skor 40. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 46%, pertemuan 3 memperoleh persentase 69% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 61%, pertemuan 3 memperoleh persentase 77% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PTN dapat meningkatkan  aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Adapaun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan  aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI