DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PEMBELAJARAN VIDEO LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:CHAIRULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-10


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan lompat jauh gaya jongkok melalui pembelajaran video lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas x SMK Negeri 1 Martapura.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yang menguji coba suatu intervensi pada sekelompok subyek tanpa kelompok pembanding. Desain penelitian ini menggunakan pre and post with control (control diri sendiri) dengan desain ini peneliti hanya melakukan intervensi pada satu kelompok tanpa pembanding. Efektifitas perlakuan dinilai dengan cara membandingkan nilai pretest dan posttest.

            Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 1 Martapura. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Martapura dengan pengambilan 30 sampel, agar hasil dapat dianalisa dengan uji statistik untuk penelitian kuantitatif.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan jenis consecutive sampling.

            Analisis data menggunakan analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan persentase dari jenis kelamin dan analisis bivariat setelah data pretest dan posttest terkumpul, maka peneliti melakukan analisis dengan menjumlahkan total skor pretest dan posttest. Selanjutnya melakukan analisis data dengan uji statistik SPSS. Uji yang digunakan peneliti adalah uji wicoxon, karena salah satu data pretest dan posttest tidak berdistribusi normal.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya upaya peningkatan pengetahuan lompat jauh gaya jongkok melalui media pembelajaran video lompat jauh gaya jongkok pada peserta didik kelas x SMK Negeri 1 Martapura, p-value = 0,000 dengan batas kemaknaan H1 diterima < 0,05.

 

 

 

Kata kunci : Pengetahuan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Media Pembelajaran Video

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI